FPPTI Jawa Timur

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bermula dari pemikiran Perpustakaan Nasional RI tentang format pembinaan perpustakaan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang disampaikan pada rapat para Kepala Perpustakaan PTN dan PTS se Jawa pada tanggal 19-30 September 1999. Ide ini kemudian ditindaklanjuti dengan pendirian Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi/FPPTI tanggal 12 Oktober 2000 di Ciawi Bogor.

Berdirinya organisasi ini didasarkan pada realita bahwa perpustakaan Perguruan Tinggi belum mampu berperan optimal dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi, adanya kesenjangan pendidikan tenaga fungsional pustakawan dan dosen, seretnya kerjasama antar perpustakaan Perguruan Tinggi, dan rendahnya pendidikan pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi. Oleh karena itu terwujudnya FPPTI ini diharapkan mampu meningkatkan profesi sumber daya manusia perpustakaan, kerjasama antar perpustakaan PT, dan meningkatnya peran perpustakaan PT dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi. (fppti-jatim.or.id)

Berangkat dari sana lah, maka Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo ikut bergabung dengan FPPTI Jawa Timur sejak tahun 2011 hingga saat ini. Selain menjadi anggota aktif, staff Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo pun juga menjadi pengurus FPPTI Jawa Timur periode 2016-2019.

Berikut daftar perpustakaan yang menjadi anggota dari FPPTI Jawa Timur.

Lihat