PERPUSTAKAAN FASILITASI MAHASISWA DENGAN CHECK PLAGIASI MANDIRI

TERAKREDITASI A

PERPUSTAKAAN FASILITASI MAHASISWA DENGAN CHECK PLAGIASI MANDIRI

February 20, 2018 Berita Utama Kegiatan Pengumuman 0

Plagiat dan plagiasi menjadi suatu tindak kejahatan akademik yang telah ada sejak dahulu dan merambah di semua jenjang pendidikan. Kejahatan ini dilakukan oleh banyak oknum. Mulai pelajar, pengajar atau praktisi dalam bidang keilmuan tertentu. Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran menyadari betul bahwa kesadaran dapat dibangun dengan pendidikan serta berbagai kebijakan-kebijakan yang mengikat. Dimensi pendidikan karakter telah ditanamkan sejak semua warga Universitas Muhammadiyah Ponorogo memasuki kawasan kampus. Mulai kegiatan belajar mengajar serta berbagai program pembiasaan nilai-nilai islami di dalamnya. Sedangkan kebijakan dibuat oleh pimpinan yang dijalankan oleh stakeholder yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah UPT. Perpustakaan.

Sebagai lembaga pengelola informasi dan penyebaran informasi, UPT. Perpustakaan memiliki tugas dan fungsi melayankan dan mencukupi kebutuhan informasi khalayak luas khususnya warga Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Syukur Alhamdulillah pada tahun 2017 hingga saat ini Universitas telah menggunakan software plagiasi guna menjaga kualitas dan kredibilitas dari lulusan yang dihasilkan oleh universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diawal tahun 2018 ini, UPT. Perpustakaan memberikan fasilitas cek plagiasi seacra mandiri kepada siapa saja yang ingin melakukan cek pada hasil karya mereka. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat seara langsung melihat besaran dari tingkat plagiasi pada karya mereka. Sehingga prinsip kejujuran dan keterbukaan dapat tercipta dengan program ini.

Bagi pengguna yang ingin melakukan cek plagiasi diwajibkan datang ke UPT. Perpustakaan Lantai 3 Gedung Rektorat dengan membawa softfile (Ms.Word, PDF, RTF dll.) dan melakukannya pada perangkat yang telah dipersiapkan. Hasil dapat diambil langsung saat itu juga, sehingga pengguna tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama. Secara singkat, panduan cek pada software plagiasi perpustakaan dapat dilihat dari grafik berikut (klik untuk perbesar).

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram