Perpustakaan UMPO Menerima Mahasiswa Magang dari Universitas Airlangga

TERAKREDITASI A

Perpustakaan UMPO Menerima Mahasiswa Magang dari Universitas Airlangga

February 19, 2021 Berita Utama Kegiatan Pengumuman 0

Dua mahasiswa berasal dari program studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga melakukan studi magang di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Terhitung pada tanggal 25 Januari 2021 dua mahasiswa ini melakukan kegiatan magang hingga tanggal 9 Maret 2021. Waktu pelaksanaan magang ditentukan oleh pihak Universitas Airlangga dengan hitungan jam yaitu 189 jam kerja.

Menurut mereka, studi magang adalah hal yang penting dalam menjalani masa studinya. Pengetahuan dan ilmu baru bisa didapat dengan kegiatan magang, selain itu mahasiswa juga dapat memaksimalkan belajarnya khususnya di Perpustakaan UMPO. Selama ini yang didapat dari bangku perkuliahan hanya teori dan magang menjadi solusi dalam menuntaskan kewajiban belajar mereka.

“Alasan yang pertama saya ingin cari ilmu dan praktik teori yang saya dapat selama ini. Sering terdengar kabar burung perpustakaan muhammadiyah ponorogo merupakan perpustakaan yang bagus. Meskipun ranah dari perpustakaan ponorogo hanya daerah, namun pengelolaan tidak kalah baik dengan perpustakana yang ada di kota-kota besar. Selain itu perpustakaan UMPO sudah mendapat akreditasi A, sehingga saya ingin mengetahui dan menggali lebih dalam bagaimana sistem organisasi dan pengelolaan perpustakaan UMPO” jelas Elsa Firgiana yang merupakan salah satu peserta magang.

Beberapa program dikenalkan oleh Perpustakaan UMPO, salah satunya adanya sistem E-Card yang sudah digancarkan. Pengguna cukup melakukan scan barcode dengan gadget untuk dapat masuk perpustakaan. Program E-Card disambut baik oleh dua mahasiswa magang ini. “Saya baru pertama kali menjumpai perpustakaan yang di domisili saya menggunakan E-Card, menurut saya ini langkah yang bagus apalagi disesuaikan dengan perkembangan teknologi” ucap Yula Anggriani.

Elsa dan Yula juga ikut menjadi pendamping pada program yang ada di Perpustakaan UMPO yaitu “Campus Tour”. Campus Tour  diikuti oleh siswa SMA daerah yang akan memasuki perguruan tinggi. Salah satu pengenalannya adalah dengan Campur Tour mengunjungi perpustakaan UMPO.  Selain itu pustakawan UMPO mengenalkan sistem pengorganisasian peprustakaan, pengelolaan koleksi, pelayanan pengguna, bahkan teknologi yang sudah digunakan oleh perpustakaan UMPO. (ed.)

 

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram