UPT. PERPUSTAKAAN JADI TUAN RUMAH LIBRARY CAMP III FPPTI-JATIM

TERAKREDITASI A

UPT. PERPUSTAKAAN JADI TUAN RUMAH LIBRARY CAMP III FPPTI-JATIM

January 15, 2018 Berita Utama Kegiatan 0

Transformasi perpustakaan kian terasa di era digital seperti saat ini. Penggunaan teknologi dan data sharing berlangsung begitu cepat di perpustakaan, terutama perpustakaan perguruan tinggi. Salah poin yang mengalami perubahan di dalam transformasi ini adalah peran dan citra dari pustakawan. Ya..! pustakawan yang dahulu kita kenal sebagai orang yang pendiam dan selalu meminta pembaca untuk diam jika ada pembaca di perpustakaan, dengan kata lain pustakawan adalah golongan manusia “kuno” dan nggak gaul.

Tapi siapa bilang pustakawan anti nge-hits dan “kuno”, justru kita akan dibuat kaget dengan performance dan juga hasil karya para pustakawan yang semakin mudah kita temukan. Pustakawan bukan lagi manusia “kuno” dan enggak gaul, buktinya banyak event seru dan kekinian yang dilakukan di perpustakaan yang notabene itu adalah tempat kerja dari seorang pustakawan. So.. masih relevankah julukan kuno dan enggak hits?

Sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi sekaligus wawasan Pustakawan di era digital ini, FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) bekerja sama dengan UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo menyelenggarakan kegiatan Library Camp III selama dua hari (10-11 Januari 2017) dengan mengusung tema “Pustakawan Jaman Now: Motivasi, Kinerja dan Prestasi”.

Ayu Wulansari, A.Md.,S.Kom Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Unmuh Ponorogo sekaligus sebagai Panitia Lokal berharap agar para peserta dapat mengaplikasikan wawasan serta pengetahuan yang didapat, sehingga mampu memicu peningkatan kinerja pustakawan di masing-masing PT. “Narasumber yang kita hadirkan merupakan Pustakawan berprestasi di berbagai level dan event, kesempatan yang baik untuk menimba ilmu secara langsung dari mereka”, jelas Ayu.

Peserta Library Camp yang sebagian besar merupakan pustakawan dari berbagai PT di Jawa Timur selama dua hari akan mengikuti rangkaian kegiatan baik yang diselenggarakan secara indoor maupun outdoor sehingga selain dapat bertukar pengalaman dan wawasan secara langsung, peserta juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan, teamwork building, self-motivating serta berfikir kreatif dan inovatif.

Pada sesi outbound lokasi yang dipilih adalah kawasan Telaga Ngebel, sehingga selain dapat berwisata anggota FPPTI Jatim juga dapat memperkenalkan keunikan di daerahnya masing-masing baik itu objek wisata, kuliner maupun khasanah budaya lokal.

Sementara itu Wakil Rektor I Unmuh Ponorogo Dr. Happy Susanto, MA menyambut baik penyelenggaraan kegiatan tahunan ini. Beliau meyakini jika peningkatan kualitas perpustakaan akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas PT. “Semoga kualitas perpustakaan kita semakin baik dan meningkat “harap beliau.

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram