PERPUSTAKAAN UMPO RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI PENGELOLA BANK INDONESIA CORNER TERBAIK PERTAMA KATEGORI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2019

TERAKREDITASI A

PERPUSTAKAAN UMPO RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI PENGELOLA BANK INDONESIA CORNER TERBAIK PERTAMA KATEGORI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2019

December 4, 2019 Berita Utama Pengumuman 0

Bank Indonesia (BI) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk menyediakan ruang diskusi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang ekonomi, maka menggandeng perguruan tinggi dengan membuka BI Corner atau Pojok BI.

Tahun 2019, Bank Indonesia kembali mengadakan BI Corner Award, sebagai upaya memotivasi mahasiswa dan civitas akademika agar terus berkontribusi terhadap BI Corner di perguruan tinggi masing-masing. Kegiatan yang berpusat di Jakarta pada 29 November 2019 itu diikuti seluruh perguruan tinggi se Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Indonesia.

Di tahun kedua BI Corner Award ini, untuk pertama kalinya Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) mengikutinya dan tak tanggung-tanggung berhasil menyabet peringkat terbaik pertama kategori Perguruan Tinggi. Hal itu merupakan pencapaian luar biasa yang diraih Perpustakaan UMPO, karena selama ini telah memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas dan layanan BI Corner untuk mahasiswa, civitas akademika, maupun masyarakat luas. Pemanfaatan fasilitas tersebut diantaranya seperti kegiatan dongeng, pendampingan perpustakaan sekolah, Gerakan Literasi sekolah (GLS), dsb.

Ayu Wulandari, S.Kom, M.A, Kepala UPT Perpustakaan UMPO mengatakan, selain mengadakan berbagai kegiatan di BI Corner, UPT Perpustakaan UMPO juga memanfaatkan aksebilitas BI Corner untuk membuat komunitas Literasi Aksara Surya. Itulah yang menjadi ujung tombak UPT Perpustakaan UMPO berkiprah di masyarakat.

Diraihnya penghargaan tersebut, Ayu Wulandari berharap fasilitas yang diberikan BI tetap aktif dan selalu dimanfaatkan oleh masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan yang berpusat di BI Corner UMPO.

Sementara itu, Dr. Sulton M.Si, Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengatakan, kiprah UPT Perpustakaan UMPO yang meraih penghargaan tersebut tak lepas dari fasilitas dan motivasi yang diberikan BI untuk dimanfaatkan sebagai sarana  masyarakat. Terkait dengan kerjasama ke depannya, Sulton mengaku sudah membicarakan dengan pihak terkait, mengingat keberadaan BI Corner sangat penting sehingga harus dikembangkan, seperti penambahan ebook yang bisa di akses masyarakat luas.

Sebagai orang nomor satu di UMPO, Dr. Sulton M.Si mendorong SDM Perpustakaan melalui program studi lanjut maupun pelatihan, serta menciptakan program literasi yang kekinian untuk memotivasi anak muda agar berkomunitas, sehingga teknologi yang ada saat ini tidak membuat generasi muda hidup individu, melainkan menjadi penggerak literasi di wilayahnya masing-masing. (ld from umpo.ac.id)

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram